Berkas Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mendaftar CPNS

Tertarik mendaftarakan diri sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)? Ya tahun ini kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia akan melaksanakan seleksi CPNS 2017. Bahkan kabar tersebut sudah dirilis melalui website resmi www.kemenkumham.go.id pada 11 Juli 2017 lalu.

Jika Anda tertarik untuk mendaftarkan diri pasti ada berkas-berkas yang harus dipersiapkan. Berikut ini beberapa berkas yang perlu diperisapkan:

Berkas yang harus dipersiapkan untuk pelamar cpns 2017 dengan kualifikasi Pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana/S-1 yakni:

Surat lamaran yang ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam. Format lamaran dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id.

Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan dinas kependudukan dan catatan sipil.

Jika domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat yang tertera pada KTP, maka yang bersangkutan harus membuat surat keterangan dari Lurah yang menyatakan yang bersangkutan berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun. Ijazah dan transkrip nilai ijazah asli.

Surat pernyataan harus diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6.000 dan ditandatangani oleh pelamar menggunakan pena bertinta hitam. Format surat pernyataan juga dapat diunduh dilaman https://sscn.bkn.go.id.

Pas photo dengan latar belakang berwarna merah berukuran 3×4 (1 lembar).

Berkas yang harus diperiapkn pelamar cpns 2017 kualifikasi pendidikan Diploma III/D III dan SLTA/Sederajat, yakni:

Surat lamaran yang ditujukan pada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta, diketk menggunakan komputer bermaterai Rp 6000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam. Format lamaran tersebut dapat diunduh di lamar https://sscn.bkn.go.id.

Kartu Tanda Penduduk asli atau surat keternagan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan dinas dinas kependudukan dan catatan sipil.

Jika domisili pelamar cpns 2017 tidak sesuai dengan alamat yang tertera di KTP, maka yang bersangkutan harus membuat surat keterangan dari lurah yang menyatakan yang bersangkutan telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun.

Fotokopi ijazah dan darter nilai pada ijazah.

Fotokopi ijazah SD,SMP, dan SMA sebagai bukti pelamat telah menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat atau asli surat keterangan dari Kelurahan yang menerangkan pelamar asli dari papua berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli dari Papua khusu untuk pelamar jabatan penjaga tahanan dari kriteria pelamar Putra/putri Papua dan Papua Barat.

Pas photo terbaru dengan latar blakang merah ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar.

Lembar bukti pendaftaran yang dicetak dari laman https://sscn.bkn.go.id.

Semua berkas disiapkan saat melakukan pendaftaran yang dilakukan secara online melalui laman https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK pada KTP/NIK pada KK dan NBomor Kartu Keluarga.

Pendaftaran online dimulai pada tanggal 1 hingga 26 Agustus 2017. Setelah mendapatkan kartu pendaftaran, pelamar mengirimkan berkas lamaran sesuai persyaratan pelamar melalui P.O BOX dai masing-masing kantor wilayah yang dituju.

Batas waktu pengiriman berkas lamaran pada PO.BOX paling lambat diterimka pada tangga; 31 Agustus 2017 pukul 16.00 waktu setempat.

Catatan:

Para calon pendaftara diharapkan utk berlatih soal – soal tes disini

Ujian CPNS akan di laksanakan dengan sistem Computer Assisted Test(CAT) . Latihan ujian CAT CPNS wajib dipelajari untuk persiapan TEST CPNS nanti. Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, info lengkap silahkan klik daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *