Ini Persyaratan Pendaftaran CPNS Hakim

hakim

INFO PENDAFTARAN CPNS – Pemerintah membuka pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi calon hakim dari lulusan Sarjana Hukum, Sarjana Syar’iah dan Sarjana Hukum Islam. Harus WNI dan umur yang diperbolehkan minimal 22 tahun dan maksimal 32 tahun per 1 Desember 2017.

Demikian dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur sebagaimana dikutip melalui situs resmi Kemenpan-RB, Jumat (14/7/2017).

“Bagi Sarjana Syar’iah/Sarjana Hukum Islam hanya dapat mendaftar untuk cakim (calon hakim) pada peradilan agama, sedangkan Sarjana Hukum dapat mendaftar untuk cakim pada ketiga peradilan. Formasi tersebut diakomodir menjadi tiga bagian, yakni formasi umum, formasi cumlaude, dan formasi khusus Papua dan Papua Barat,” ujarnya.

Menurut Asman, untuk mendaftar melalui formasi umum dan formasi Papua dan Papua Barat, harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 skala 4,00. Selain itu, pelamar harus memiliki kualifikasi pendidikan dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi.

“Sedangkan untuk formasi sarjana cumlaude memang ditujukan untuk lulusan terbaik (cumlaude/dengan pujian) dengan kualifikasi pendidikan dari PTN atau swasta yang terakreditasi A dengan program studi yang terakreditasi A dari BAN PT,” tuturnya.

Jika pelamar sudah mencukupi persyaratan di atas, kata Asman, bisa segera dipersiapkan untuk mengajukan lamaran. Jangan lupa, untuk melakukan registrasi online melalui https://sscn.bkn.go.id mulai 1 – 26 Agustus 2017.

Catatan:

Para calon pendaftara diharapkan utk berlatih soal – soal tes disini

Diharapkan terus memantau website resmi di atas agar mendapatkan info terbaru.

Ujian CPNS akan di laksanakan dengan sistem Computer Assisted Test(CAT) . Latihan ujian CAT CPNS wajib dipelajari untuk persiapan TEST CPNS nanti. Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, info lengkap silahkan klik daftar disini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *