lokasi Ujian dan Materi Tes CPNS 2017

Ujian CAT
Simulasi Ujian CAT CPNS

Ombudsman RI secara nasional menerima banyak keluhan terkait kebijakan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk jenjang sarjana.
Keluhan tersebut terkait syarat ujian pelamar dari daerah harus ke Jakarta.

Kepala ORI Perwakilan DIY Budhi Masthuri mengatakan setelah melalui proses klarifikasi dan saran dari Ombudsman RI Pusat, akhirnya Kementerian Hukum dan HAM RI mengubah kebijakannya dan akhirnya ujian diselenggarakan di daerah masing-masing.
“Di DIY tidak ada aduan, mungkin karena jarak tempuh ke Jakarta relatif terjangkau. Tetapi banyak keluhan dari luar Jawa, Sumatera, Aceh, dan Sulawesi,” ungkap Budhi, Rabu (23/8/2017).


Kementrian Hukum dan HAM sebelumnya menerapkan tahapan seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang untuk kualifikasi pendidikan dokter spesialis, dokter umum dan sarjana semua dilaksanakan oleh panitia pusat di Jakarta.
Sementara itu, proses pendaftaran Calon Pegawai negeri Sipil (CNS) 2017 bakal segera berakhir akhir Agustus ini.
Merujuk data yang disampaikan akun Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), @BKNgoid, hingga Senin (21/8/2017) pukul 09.56 WIB, jumlah pendaftar sebanyak 810.310 pendaftar.

Rinciannya, pelamar Kemenkum HAM sebanyak 786.089 pendaftar dan Mahkamah Agung (MA) sebanyak 24.216 pendaftar.

Setelah berhasil mendaftar, pelamar CPNS bakal menjalani proses verifikasi adminstrasi.
Usai lolos verifikasi administrasi, pelamar bakal mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD/TKD)menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT).

Mengacu laman http://cat.bkn.go.id, SKD/TKD Kementerian Hukum dan HAM (SLTA/Sederajat dan Diploma III) diperkirakan bakal berlangsung pada 25 September-3 Oktober 2017.

Sedangkan SKD/TTKD menterian Hukum dan HAM) (Dokter Spesialis, Dokter dan Sarjana) diperkirakan pada 11 September 2017-16 September 2017

Pemerintah menetapkan tiga materi soal SKD/TKD
Ketiga materi itu adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes
Karakteristik Pribadi (TKP).
1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) pilar kebangsaan Indonesia.
Empat pilar itu meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Indoensia (NKRI).
NKRI ini mencakup sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)
Materi kedua adalah Tes Intelegensi Umum (TIU) yang dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis.
Tes ini juga untuk menilai kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

TIU juga untuk mengetahui kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis, dan kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Tes Karakteristik Pribadi (TKP )untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.

Dikutip dari laman Menpan.go.id, Kabag Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi mengatakan, agar lolos ke tahapan berikutnya, peserta seleksi harus lolos ambang batas (passing grade) yang akan ditetapkan dengan Peraturan Menteri PANRB.

Misalnya 70 TWK, 75 TIU dan 110 TKP
Itu baru contoh karena belum ada pengumuman besaran passing grade CPNS 2017.
Namun, untuk mengukur secara kasar kemampuan Anda, Anda dapat mencobanya dengan melakukan simulasi pada simulasi yang disediakan silahkan klik disini 

Catatan:

Bagi yang membutuhkan CONTOH-CONTOH SOAL CPNS guna untuk latihan dan pembelajaran sebagai persiapan mengikuti seleksi CPNS 2017 disini

Bagi yang belum melakuakn  Pendaftaran CPNS 2017 Mahkamah Agung dan Menkum Ham silahkan klik disini 

Ujian CPNS bidang SKD/TKD  sistem Computer Assisted Test(CAT) . Latihan ujian CAT CPNS wajib dipelajari untuk persiapan TEST CPNS nanti. Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, info lengkap silahkan klik daftar disini 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *