Masih Ada Waktu Pendaftaran CPNS

batas waktu
Suasana Ujian TKD

Pendaftaran secara online untuk pelamar calon Aparatur Sipil Negara (ASN) atau calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2017 pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia untuk kualifikasi Pelamar pendidikan Diploma III (D-III) dan SLTA /Sederajat masih dibuka.

Verifikasi berkas lamarannya oleh panitia daerah (Panda) akan berakhir Sabtu (26/8/2017) tepat 24.00 WIB.

Sedangkan untuk kualifikasi pendidikan dokter spesialis, dokter dan sarjana/S-1 masih sampai hari Kamis (31/8) dan verifikasi berkasanya dilakukan oleh panitia pusat.

“Enam hari lagi pendaftaran online untuk kulifikasi pendidikan Diploma III (D-III) dan SLTA /Sederajat akan ditutup, kepada para putera-puteri yang akan mendaftarkan diri untuk segera melakukan pengisian secara online, dan yang perlu diperhatikan dalam pengisian data diri harus lengkap serta memilih formasi jabatan yang diinginkan,” papar Kepala Divisi Administrasi, Edy MS Hidayat, selaku Ketua Panitia daerah (Panda) Kalimantan Selatan, Senin (21/8).

(Ribuan Pencari Kerja Serbu Bursa Kerja Pemkot Surabaya, Ada Lowongan di 40 Perusahaan)
Kadiv Admin, Kepala Bagian Program dan Pelaporan, Andi Basmal menambahkan agar menjadi perhatian, kepada peserta kualifikasi pendidikan Diploma III (D-III) dan SLTA /Sederajat yang sudah mendaftarkan secara online.

“Agar melengkapi berkas dengan membuat surat lamaran beserta pernyataannya sesuai dengan format yang di download dari situs resminya dan jangan merubah seperti mengurangi ataupun menambahkan format surat yang ada namun hanya mengisi kolom yang disediakan,” katanya.

Selain itu, imbuhnya, Panda tidak akan menerima berkas lamaran tanpa melalui PO BOX resmi dan jika ada berkas yang diantar langsung tidak diterima.

 

Sementara itu, tercatat hingga hari ini, Senin (21/8/2017), pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diterima oleh Badan Kepegawaian Negara mencapai jumlah keseluruhan 810.305 orang.

Dari jumlah total tersebut, pendaftar yang memasukkan lamaran di Kemenkumham tercatat sebanyak 786.089 orang dan Mahkamah Agung 24.216 pelamar.

Pendaftaran CPNS online di Kemenkumham dan Mahkamah Agung masih berlangsung hingga 31 Agustus 2017 dan hanya dilakukan melalui laman https://sscn.bkn.go.id.

Seleksi CPNS 2017, untuk formasi di Kemenkumham dan Mahkamah Agung diperkirakan akan sangat ketat.
Proses seleksi CPNS 2017 tersebut berpeluang diikuti oleh lebih dari satu juta pendaftar.

Sebab, pada Jumat (18/8/2017), jumlah pembuat akun di laman pendaftaran CPNS 2017, yakni SSCN BKN atau https://sscn.bkn.go.id, sudah tercatat mencapai 1.071.536 calon pendaftar.
Dilansir dari laman BKN, jumlah pendaftar per hari ini, 21 Agustus 2017, tercatat sudah mencapai total 1.793 orang hingga pukul 09.56 WIB.

Dari total keseluruhan, sebanyak 1.725 pelamar mendaftar di Kemenkumham sedangkan 68 orang melakukan pendaftaran di Mahkamah Agung.
Dalam melakukan pendaftaran online, pelamar terlebih dahulu membuat akun di laman SSCN BKN yang dapat dibuktikan dengan mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2017.
Setelahnya, pelamar melakukan login menggunakan NIK dan password yang ada di dalam kartu informasi tersebut.

 

Pelamar yang sudah bisa login diminta untuk mengisi biodata. Selain biodata, pelamar CPNS juga harus memilih instansi, memilih jenis formasi sesuai instansi, dan mengunggah dokumen sesuai persyaratan instansi.
BKN menilai pengunggahan dokumen persyaratan merupakan tahap terpenting untuk diikuti secara teliti oleh pelamar.
Pelamar kemudian diminta untuk meng-upload dokumen persyaratan dalam bentuk file jpg atau pdf. Situs SSCN BKN merekomendasikan dokumen lebih baik diunggah dalam bentuk file pdf.

Sebagaimana diketahui, tahun ini tersedia CPNS’>lowongan CPNS sebanyak 17.241 formasi di Kemenkumham dan 1.684 formasi di Mahkamah Agung.
Masa pendaftaran ialah 1– 31 Agustus 2017.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan melanjutkan ke tahap seleksi menggunakan Cumputer Assisted Tes (CAT) BKN.

 

Catatan:

Bagi yang membutuhkan CONTOH-CONTOH SOAL CPNS guna untuk latihan dan pembelajaran sebagai persiapan mengikuti seleksi CPNS 2017 disini

Bagi yang belum melakuakn  Pendaftaran CPNS 2017 Mahkamah Agung dan Menkum Ham silahkan klik disini 

Ujian CPNS akan di laksanakan dengan sistem Computer Assisted Test(CAT) . Latihan ujian CAT CPNS wajib dipelajari untuk persiapan TEST CPNS nanti. Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, info lengkap silahkan klik daftar disini 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *