Kuota CPNS Jalur Khusus

CPNS Jalur Khusus

 

JAKARTA – Meski rekrutmen CPNS dari jalur umum tidak dibuka, namun pemerintah tetap mengusulkan kuota 2016. Hanya saja, usulannya tetap untuk jabatan-jabatan tertentu.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana‎, sejumlah instansi terkait lewat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sudah mengajukan usulan kepada Menteri Keuangan untuk alokasi 13 ribu CPNS jalur umum. Namun, belum ada jawaban dari Menkeu apakah kuota tersebut bisa dipenuhi atau tidak.

“Ini belum ada keputusannya disetujui atau tidak. Ya dimaklumi saja, negara sekarang lagi kekurangan duit makanya perlu penghematan besar-besaran,” terang Bima kepada JPNN, Selasa (30/8).

Dia menyebutkan, kuota 13 ribu‎ itu akan diplotkan untuk lulusan cumlaude dan jabatan yang mendukung program nawacita. Itu pun terbatas untuk instansi pusat, sedangkan daerah tidak dialokasikan.

Tahun ini, pemerintah tidak membuka rekrutmen CPNS jalur umum. Kalaupun ada rekrutmen, hanya untuk formasi tertentu yang anggarannya sudah disiapkan kementerian/lembaga.

Seperti dokter, dokter gigi dan bidan PTT (Kemenkes), guru garis depan (Kemendikbud), THL-TB penyuluh pertanian (Kementan), lulusan pendidikan kedinasan/pola pembibitan (lulusan cumlaude).

Ditambah pengadaan formasi 2014 di lingkungan Pemprov Papua dan Papua Barat, serta Pemprov Kaltara sebagai DOB tahun 2012.‎

“Sampai saat ini moratorium CPNS belum dicabut. Artinya, rekrutmen CPNS dari jalur umum tidak bisa dilaksanakan. Lagipula pemerintah tidak punya dana untuk merekrut pegawai baru,” tandasnya.

BACA JUGA:

Dapatkan info penerimaan CPNS 2016 & kisi – kisi soal CPNS terlenghap beserta jawaban dan pembahasan setiap jawaban dan juga tryout CAT CPNS silahkan inviteBBM: 2B118e57 WA:085795719773 atau klik disini

Pemkab Sidoarjo Butuh 1.100 PNS, Simak Rencananya Berikut Ini:

Pemkab Sidoarjo melantik 109 PNS baru, Namun, jumlah itu masih belum memadai karena Sidoarjo masih kekurangan banyak PNS.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo, Sri Witarsih, mengatakan jumlah PNS yang baru dilantik ini masih jauh dari angka ideal.
“Setidaknya masih butuh 1.100 PNS untuk mencapai ideal,” kata Sri di sela-sela acara pelantikan di Pendopo Delta Wibawa.
Sri menuturkan, pihaknya tak bisa berbuat banyak untuk menambah rekrutan PNS baru.
Moratorium PNS dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) menjadi halangan untuk menambah PNS dalam jumlah banyak.
Para PNS yang baru dilantik ini, lanjutnya, terdiri dari 92 tenaga teknis dan 17 tenaga spesialis.
“Untuk pos-pos yang benar-benar krusial, terutama di bidang kesehatan,” sambungnya.
Kendati masih kekurangan banyak PNS, Sri mengatakan telah mengirim surat ke Pusat.
Diharapkan, pada 2017 pihaknya bisa membuka pendaftaran CPNS untuk mengisi kekurangan tersebut.
“Saat ini kami hanya bisa memaksimalkan yang ada saja,” ujarnya.
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, berharap para PNS baru ini untuk bekerja profesional.
“Harus punya sikap melayani masyarakat karena digaji dari uang rakyat,” ujar Saiful kepada para PNS baru tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *